Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Kecepatan tinggi dalam menjelajah dunia internet memang benar-benar diperlukan para pengguna perangkat android agar berselancar bisa berjalan dengan baik dan lancar, dapat bermain game tanpa lag dan lain sebagainya. Berdasarkan berita yang Saya dapatkan, negara Indonesia ini menduduki posisi kedelapan sebagai negara yang mempunyai koneksi internet yang sangat lambat. Tidak cuma pengaruh dari operator provider jaringan internet saja, kecepatan jalan masuk internet di smartphone android umumnya juga disebabkan oleh penyebab-penyebab lainnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet
Ilustrasi Internet

Baca : Cara Meningkatkan Performa Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Internet
1. Menerapkan Ad-Blocker

Salah satu unsur penyebab kecepatan internet di perangkat android menjadi lambat dikarenakan tak memblokir iklan. Apabila hal itu terjadi, Kamu dapat mengeblok atau memblokir iklan pada browser dengan menggunakan fitur Ad Blocker, seperti pada aplikasi UC Browser atau Opera Browser.

2. Memakai Jaringan 4G Only atau 3G Only
Apabila perangkat android Kamu telah mensupport jaringan 4G dan 3G, Kamu dapat mengontrol kecepatan jaringan internet dengan dua pilihan jaringan itu. Untuk dapat mengaktifkan pada jaringan koneksi internet 4G atau pun 3G caranya cukup gampang, pilih menu pengaturan atau setting lalu pilih more atau lanjutan, kemudian mobile network atau jaringan telepon, berikutnya pilih network mode atau mode jaringan, dan pilih jaringan 4G only atau 3G only saja sesuai dengan keperluan.

Kamu pun dapat menggunakan aplikasi 3G speed optimizer yang dapat berfungsi mempercepat jalan akses internet online hingga 200%. Pasalnya, aplikasi ini dapat berjalan dengan memberikan tweak secara khusus sehingga dapat memberikan keleluasaan dalam memilih dan mengontrol kecepatan akses internet sesuai dengan kebutuhan. Untuk menerapkan aplikasi ini, ponsel Anda wajib di root secara khusus terlebih dahulu.

3. Cara Mempercepat Akses Internet Online Dengan Menghapus Cache
Aplikasi yang mempunyai cache apabila diizinkan dapat memberatkan kinerja pada perangkat ponsel pintar Kamu. Selain itu, juga dapat mengakibatkan progres layanan data internet Kamu menjadi berat apabila cache menumpuk. Agar koneksi internet di perangkat ponsel pintar Kamu kian pesat dan kencang, maka dari itu wajib rutin-rutin untuk membersihkan cache-nya. Kamu dapat menggunakan bantuan Clean Master atau One Tap Cache Cleaner. Di samping itu, Kamu juga dapat menghapus cache dengan gampang pada menu settings lalu pilih storage dan cache, berikutnya pilih pilihan Clear Cache.

4. Pakai VPN
Ada bermacam-macam jenis aplikasi Virtual Private Network atau yang disingkat VPN pada aplikasi Play Store, Kamu cukup memilih kira-kira mana aplikasi yang memiliki rating paling tinggi dan komentar yang baik. Selain bisa mempercepat akses internet Kamu, memakai aplikasi Virtual Private Network (VPN) juga dapat dipakai untuk membuka website atau situs laman yang sudah diblok pemerintah. Pastikan untuk terhubung dengan IP Address di lokasi/negara yang cocok.

5. Nonaktifkan Tethering
Tethering merupakan kegiatan yang berguna untuk menciptakan perangkat ponsel pintar sebagai hotspot. Lebih simpelnya, Kamu dapat menghasilkan perangkat android Kamu sebagai perangkat Wifi portable kemudian membagikan koneksinya ke perangkat lainnya. Namun, dikarenakan jaringan internet tersebut terbagi-bagi, tentu saja Kamu mesti siap-siap untuk berbagi bandwidth bersama perangkat lainnya. Untuk mempercepat jaringan internet Wifi, Kamu semestinya menonaktifkan fitur tethering sehingga jaringan internet tetap konsisten dan fokus terhadap smartphone Kamu.

6. Setting User Agent
Kini ada banyak sekali website yang telah responsive agar dapat menyesuaikan tampilan secara otomatis apabila dibuka melalui perangkat ponsel pintar. Meski demikian, kadang kala masih saja ada pihak yang terlalu memaksa menerapkan tampilan website untuk komputer di smartphone atau telepon pintarnya. Hal yang demikian malah menjadikan internet menjadi lebih lambat dan berat. Kamu dapat mengakalinya, Kamu dapat mengganti user agent pada browser ke mobile. Setting user agent itu bertujuan untuk kompres data menyesuaikan tampilan mobile.

Itulah cara mempercepat koneksi internet pada Android.