Cara Meningkatkan Performa Laptop

Halo guys, kali ini Saya ingin membahas bagaimana cara meningkatkan performa laptop low end paling ampuh. Anda pasti jengkel, dongkol, ataupun sebal dong jika seandainya lagi asik-asiknya memakai laptop tiba-tiba laptop hang. Laptop yang hang umumnya disebabkan performa atau kinerjanya yang menurun. Performa atau Kinerja laptop tentu dapat menurun khususnya apabila laptop sering kali dipakai untuk mengolah banyak data dan menerapkan banyak aplikasi. Laptop yang jarang dirawat juga dapat menyebabkan Performa atau kinerja Laptop menurun.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Sekencang-kencangnya Laptop Anda, jika dipakai dalam waktu lama dapat menyebabkan laptop hang atau turun Performa dan kinerjanya. Sebetulnya cara meningkatkan performa atau kinerja laptop benar-benar gampang, terutama laptop low end. Laptop low end mempunyai spesifikasi yang rendah, oleh sebab itu apabila dipakai dalam waktu lama performanya akan turun lebih pesat. Logikanya, apabila Laptop high end dapat lemot jikalau usianya telah 8 tahun, pastinya Laptop low end bisa jadi lebih lemot, entah mungkin 2 atu 3 tahun lebih dulu.

Pada umumnya, sebetulnya yang mesti Anda lakukan ialah acap kali melaksanakan perawatan secara rutin. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang seharusnya Anda lakukan untuk menuntaskan masalah laptop low end yang lemot atau sering kali hang.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Banyaknya data yang diolah lalu menumpuk dalam memory dan progres multitasking yang berat merupakan dua unsur yang menyebabkan performa laptop melambat. Sebetulnya untuk meningkatkan performa laptop, yang wajib Anda lakukan yakni dengan cara meningkatkan kapasitas Random Access Memory atau biasa disingkat RAM. Cara lainnya, dengan meningkatkan kapasitas storage untuk memberi ruang lebih luas untuk menaruh data-data aplikasi dan system. Sebetulnya cara meningkatkan performa yang paling tepat sasaran yaitu dengan mengganti storage dari hard disk drive (HDD) menjadi solid state drive (SSD) sekiranya dimungkinkan.

Baca : Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Meningkatkan Performa Laptop Low End

Sumber Ilustrasi pricebook.co.id

Namun, bagaimanapun juga untuk meng-upgrade kapasitas Random Access Memory (RAM) dan mengganti storage tentunya memerlukan dana yang besar. Apabila Anda mempunyai budget yang terbatas dan berkeinginan meningkatkan performa laptop low end, ikuti langkah berikut ini. Saya akan memberitahu cara meningkatkan performa laptop low end dengan “mengakali” system pada komputer Windows tersebut.

1. Hapus File Sampah di Recycle Bin
Apabila Anda menghapus file dari komputer umumnya file itu akan disimpan sementara di dalam Recycle Bin. Dalam rentang waktu tertentu, apabila file itu tak diperlukan lagi akan dihapus permanen oleh system. File yang disimpan di dalam Recycle Bin akan membebani system dan kapasitas storage laptopmu. Untuk itu, hapus langsung seketika file di dalam Recycle Bin dengan cara

  • klik kanan icon Recycle Bin pada halaman utama Windows
  • Selanjutnya yaitu pilih Empty Recycle Bin.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Apabila Anda berkeinginan file yang dihapus tak dikirim ke Recycle Bin, jangan cuma tekan Delete saja. Akan tetapi Tekan tombol Delete + Shift sehingga file yang Anda hapus akan seketika dihapus secara permanen.

2. Uninstal Aplikasi Kecuali Aplikasi yang Penting
Aplikasi dari system dan sebagian aplikasi yang tak terlalu penting pastinya akan membebani system. Bukan hanya itu, aplikasi yang tak dipakai juga akan memakan kapasitas storage laptopmu. Sayang sekali bukan sytem, RAM (Random Access Memory), dan Storage laptopmu terbuang untuk aplikasi yang tak bermanfaat. Aplikasi itu akan terus menjadi beban, lebih baik jika dihapus saja aplikasi yang seperti itu. Selain itu, uninstal aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan performa laptop sebab dapat melegakan kapasitas RAM (Random Access Memory) dan storage atau penyimpanan. Cara untuk uninstal aplikasi di Windows yakni:

  • Klik Start >> Control Panel >> Uninstal a Program
  • Klik aplikasi yang tak bermanfaat untuk Anda dan klik opsi uninstall di atasnya.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

3. Kurangi Aplikasi yang Berjalan ketika Startup Windows
Ketika startup Windows, umumnya ada banyak aplikasi yang ikut serta berjalan di latar belakang. Inilah yang menjadi penyebab mengapa laptop menjadi kian lemot. Cara meningkatkan performa yang paling teapt ialah dengan menghapus aplikasi yang tak terlalu penting. Caranya benar-benar gampang:

  • Tekan tombol Windows + R sesudah itu ketik msconfig
  • Selanjutnya yaitu pilih tab Startup lalu klik lepas centang pada aplikasi yang mau Anda nonaktifkan.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

4. Kustomisasi Virtual Memory
Virtual Memory berfungsi seperti RAM akan tetapi tak mempunyai peran yang sama besar. Virtual Memory bisa meningkatkan performa laptop. Anda dapat mengontrol berapa besar kapasitas yang disediakan untuk Virtual Memory. Cara untuk mengaktifkannya yakni:

  • Masuk ke Control Panel >> System Security >> System
  • Selanjutnya yaitu klik tab Advanced lalu pilih Settings pada Performance
  • Klik tab Advanced kemudian pilih Change pada menu Virtual Memory.

Klik lepas centang pada Automatically manage paging file size for all drives. Pilih Custom Size lalu isi berapa besar Virtual Memory yang Anda inginkan. Anda dapat mengisi kapasitas Virtual Memory sampai setengah Maximum Size. Jika sudah selesai, klik Set lalu OK.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

5. Aktifkan Disk Cleanup dan Disk Defragment
Disk Cleanup dan Defragment benar-benar penting untuk membersihkan data-data sampah yang cuma membebani system. Data-data sampah akan menghalangimu untuk meningkatkan performa laptop. Untuk membersihkan data sampah cukup gampang. Klik kanan pada drive yang mau dibersihkan lalu pilih Properties. Cari dan klik tombol Disk Cleanup. Sementara itu, untuk Defragment dapat dengan cara berikut ini:

  • Klik kanan pada drive yang mau dibersihkan lalu pilih Properties
  • Selanjutnya yaitu klik tab Tools lalu tekan tombol Defragment Now.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

6. Nonaktifkan Search Indexing
Pada Windows fitur Search Indexing berfungsi mempercepat pencarian pada operation system. Akan tetapi sebagai konsekuensinya, fitur ini dapat memperlambat performa laptop. Oleh sebab itu matikan fitur Search Indexing dengan cara:

  • Klik kanan Start Menu lalu pilih Computer Management
  • Klik dua kali pada menu “Services and Applications”, kemudian pilih Services
  • Cari Windows Search lalu klik dua kali
  • Selanjutnya akan terlihat halaman pop up klik Startup type dan pilih manual atau disable, kemudian OK.

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Nah itulah cara meningkatkan performa dengan gampang dan tepat. Anda dapat terapkan seluruh cara di atas agar supaya laptop Anda segera kembali seperti ketika pertama kali dibeli. Kemudian apabila Anda punya bugdet lebih Anda dapat meningkatkan performa laptop low end dengan menambah kapasitas RAM. Semoga berguna dan selamat mencoba.